Kasdim Tutup TMMD Sengkuyung Tahap II Kabupaten Magelang

    Kasdim Tutup TMMD Sengkuyung Tahap II Kabupaten Magelang
    Serah terima alat kerja pada Upacara Penutupan TMMD Sengkuyung Tahap II di Halaman Kecamatan Bandongan

    MAGELANG - Mewakili Dandim, Mayor Inf Joko Nugroho selaku Kasdim 0705/Magelang secara resmi menutup TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2023.

    Kegiatan upacara yang mengambil tema "Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat" tersebut bertempat di Halaman Kantor Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang. Kamis (10/08/2023).

    Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Sekda Kabupaten Magelang Adi Waryanto, Perwakilan dari Akademi Militer Letkol Inf Dedi, Kasdim Mayor Inf Joko Nugroho, Wakil Ketua DPRD Drs. Soeharno, MM, Kadin Perhubungan Imam Basori, Kepala Pengadilan Agama Zumrowi, S.Ag., M.H.

    Hadir pula Kepala Satpol PP dan PK Kabupaten Magelang Nugroho, S.STP., MM., Kepala Pelaksana BPBD Edi Wasono, SH., Forkopimcam Bandongan, Pengurus penggerak PKK dan Pengurus Persit Kodim 0705/Magelang.

    Membacakan amanat dari Pangdam IV/Diponegoro, sebagai Irup Kasdim menyampaikan bahwa program  TMMD adalah merupakan salah satu Program Bakti TNI guna mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat. Program  TMMD yang mulai dilaksanakan sejak tahun 1980-an dimana dulunya dikenal dengan sebutan Program ABRI Masuk Desa (AMD) manfaatnya sangat  dirasakan bagi masyarakat khususnya bagi yang tinggal di daerah pedesaan.

    TMMD Sengkuyung Tahap II TA 2023  kali ini mengangkat tema “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan  TNI-Rakyat Semakin Kuat. Tema ini mengandung makna bahwa TNI bersama dengan Pemerintah Daerah,   Polri, dan masyarakat secara bersama-sama melaksanakan proses percepatan  pembangunan fasilitas umum dan sosial untuk meningkatkan kesejahteraan  masyarakat sebagai bentuk pengabdian kepada bangsa dan negara.

    Selama kurang lebih satu bulan para Prajurit Kodim 0705/Magelang, Pemerintah Daerah dan segenap komponen masyarakat saling bahu-membahu, tanpa mengenal  lelah berupaya menyelesaikan program TMMD Sengkuyung Tahap II TA 2023.

    "Kebersamaan ini merupakan bentuk sinergitas yang positif dalam menyiapkan  ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan negara, " sambungnya.

    Lebih lanjut, Pangdam juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh  anggota TNI, Polri, Pemda, dan masyarakat, yang telah bekerja secara maksimal sehingga sasaran fisik TMMD  yang berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur diantaranya pengecoran jalan, pembangunan talud dan Rehab RTLH dapat diselesaikan tepat waktu.

    Pencapaian sasaran fisik tersebut juga diimbangi dengan pencapaian hasil pada sasaran non fisik yang berupa penyuluhan beberapa materi, seperti kesadaran bela negara, penyuluhan narkoba dan Kamtibmas, stunting, Wasbang, Sunatan Massal dan kegiatan Bhakti Sosial.

    Dalam kesempatan tersebut Pangdam juga berpesan, agar terus memelihara semangat kebersamaan dan kemanunggalan antara  TNI-Rakyat, serta semangat gotong royong sebagai warisan budaya bangsa.

    "Pelihara hasil program TMMD, agar manfaatnya dapat dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang. Dan segera lakukan evaluasi secara  menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD untuk dijadikan bahan perbaikan pada program TMMD mendatang, " pungkasnya.

    Untuk diketahui sasaran fisik dalam TMMD kali ini berupa pembangunan cor blok jalan sepanjang 266 meter, lebar 2 meter dan tebal 0, 12 meter. Juga pembangunan talud senderan dengan panjang 20 meter, tinggi 6 meter, lebar atas 0, 3 meter dan lebar bawah 1, 8 meter, serta sasaran tambahan rehab RTLH 1 unit selesai 100%.

    Selesai upacara Forkompimda serta tamu undangan berkenan meninjau lokasi TMMD serta pemotongan pita oleh Sekda Kabupaten Magelang.


    Pen0705/Mgl

    Rony

    Rony

    Artikel Sebelumnya

    Meriahkan HUT RI KE-78 Forkopincam Ngluwar...

    Artikel Berikutnya

    Dandim 0705/ Magelang Resmi Tutup TMMD Sengkuyung...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    TV Parlemen Live Streaming
    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    Bedah Buku As SDM Pol, Meritokrasi Jabatan Fungsional di Lingkungan Polri guna Mewujudkan SDM Unggul Mendapat Apresiasi Tinggi Para Pembicara 
    Polresta Magelang Ungkap Penganiayaan di Cawang Mertoyudan
    Babinsa Timika Gelar Karya Bakti Bersihkan Jalan

    Ikuti Kami