Forkopimda Kabupaten Magelang Hadiri Rakor Lintas Sektoral Ops Mantap Brata Candi

    Forkopimda Kabupaten Magelang Hadiri Rakor Lintas Sektoral Ops Mantap Brata Candi
    Dandim 0705/Magelang bersama Forkopimda Kab. Magelang Hadiri Rapat Koorsinasi Lintas Sektoral Ops Mantap Brata Camdi 2023-2024

    MAGELANG - Bertempat di Semanggi Balroom Grand Artos Hotel Convention Jl. Mayjend Bambang Soegeng No 1, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang dilaksanakan Rapat Koordinasi Lintas Sektor Ops Mantap Brata Candi 2023-2024. Jum'at (13/10/2023).

    Hadir dalam kegiatan tersebut Sekda Kabupaten Magelang Drs. Adi Waryanto, Wakil DPRD Drs. Soeharno MM, Kapolresta Magelang Kombes Pol  Ruruh Wicaksono, SH.SIK.MH., Dandim 0705/Magelang Letkol Inf Jarot Susanto SH.M.Si., Panitera PN Victorman T. Mendrova  SH.MH., Kasintel Kejaksaan Zaenal Abidin SH, MH.

    Hadir pula Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang Muhammad Habib Shaleh, SS., Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Magelang Ahmad Rofiq, S. Sos, M.KSos., Para OPD Kabupaten Magelang, Para Ketua Parpol peserta pemilu 2024 serta para tamu undangan.

    Dalam kesempatan tersebut Kapolresta Magelang Kombes Pol Ruruh Wicaksono, SH., SIK., MH., menyampaikan bahwa kegiatan Rakor ini mengambil tema "Sinergi dan Kolaborasi Penyelenggara dan Pengamanan Guna Mewujudkan Pemilu 2024 Yang Aman di Wilayah Hukum Polresta Magelang".

    Menurutnya Rakor Lintas Sektoral terkait Perkembangan Politik Menjelang Pemilu Serentak 2024 penting untuk dilaksanakan, karena sebagai salah satu cara untuk mengetahui kondisi politik dan keamanan di wilayah Magelang.

    "Kegiatan ini sangat penting untuk memperoleh berbagai informasi, terkait dengan kondisi politik terkini. Dan semua pihak harus mengantisipasi potensi kerawanan tahapan pemilu 2024, terutama di wilayah Kabupaten Magelang, " ujarnya.

    Sementara itu Letkol Inf Jarot Susanto SH.M.Si. selaku Dandim 0705/Magelang menuturkan bahwa pemilu tahun 2024 sudah dekat. Diperlukan sinergitas antar stakeholder dan partisipasi aktif semua pihak untuk saling menjaga keamanan dan kenyamanan pemilu 2024.

    Dandim berharap perkembangan situasi yang menjadi ancaman pada pemilu tidak terjadi. Menurutnya, Kodim 0705/Magelang siap mengawal pelaksanaan pemilu mulai dari tahap kampanye sampai dengan tahap penetapan pada Bulan Februari 2024.

    "Tentunya kita akan melakukan pemantuan dan melaporkan setiap hal-hal yang menonjol. Dan untuk menciptakan pemilu damai saya mengajak seluruh elemen muspika dan partai politik agar bersama berkomitmen menjaga keamanan di wilayah Magelang, " ucap Dandim.

    Dalam sambutannya Bupati Magelang yang dibacakan oleh Sekda Drs. Adi Waryanto berharap kepada semua pihak agar mendukung pemilu dengan baik. Komponen penyelenggara pemilu harus siaga setiap waktu responsif  pada laporan masyarakat, sehingga terjadi langkah antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya gangguan.

    Suksesnya pemilu bukan semata mata kinerja satu elemen saja tetapi didukung kesiapan berbagai elemen yang lain seperti perangkat penyelengara pemilu, aparat keamanan, kedewasaan berpikir dan bertindak para politisi partai politik serta tingkat kesadaran masyarakat.

    Sekda juga mengimbau kepada peserta rapat agar mengurangi atau menekan kampanye hitam baik dari media konvensional maupun media sosial. Karena kampanye hitam bukan merupakan  cerminan karakter bangsa yang berbudaya dan mengarah pada perpecahan.

    Selain itu agar meningkatkan koordinasi antar lembaga penyelengara pemilu, aparat keamanan dan lembaga terkait lainnya serta jaga netralitas semua jajaran yang semestinya bersikap netral dan mendorong partisipasi masyarakat sebagai bagian terpenting dalam proses demokrasi.

    "Marilah pedomani bersama aturan dan rambu-rambu yang telah digariskan undang-undang agar pelaksanaan pemilu 2024 berjalan lancar, damai serta menghasilkan pemimpin yang dapat mewujudkan kemakmuran bangsa dan negara, " ungkapnya.

    Kegiatan dilanjutkan pembacaan dan penanda tanganan Deklarasi Pemilu Damai 2024 oleh Ketua Parpol peserta Pemilu dan  foto bersama.

    Pen0705/Mgl

    Rony

    Rony

    Artikel Sebelumnya

    Jumat Berkah, Babinsa Koramil Magelang Utara...

    Artikel Berikutnya

    Ribuan Warga Masyarakat, Meriahkan HUT TNI...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    TV Parlemen Live Streaming
    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    Warga Desa Bandarsedayu Dukung Penuh Irjen Pol Ahmad Lutfi Jadi Gubernur Jateng
    Paguyuban Petani Sayur Ngablak Siap Dukung Irjen Ahmad Lutfi Maju Pilgub Jateng 2024
    Air Sebagai Sumber Kehidupan, Satgas TMMD ke-120 Kodim 0816/Sidoarjo Bor Sumur Untuk Pertanian di Desa Penambangan

    Ikuti Kami