Dandim 0705/ Magelang Letkol Inf Jarot Susanto,S.H.,M.Si Serahkan Hewan Qurban

    Dandim 0705/ Magelang Letkol Inf Jarot Susanto,S.H.,M.Si Serahkan Hewan Qurban
    Dandim 0705/Magelang Letkol Inf Jarot Susanto, SH.,M.Si Menyerahkan Hewan Qurban Secara Simbolis Kepada Kapten Caj Budi Krismanto Selaku Ketua Panitia Penyembelihan Hewan Qurban Tahun 1444 H/ 2023 M Kodim Magelang

    MAGELANG - Komandan Kodim( Dandim) Magelang Letkol Inf Jarot Susanto SH., M.Si menyerahkan hewan Qurban seekor sapi dan 2 ekor kambing pada Hari Raya Idul Adha Tahun 2023 yang jatuh pada tanggal 1 Dzulhijjah 1444 H. Selanjutnya hewan qurban tersebut dagingnya dibagikan kepada warga masyarakat fakir miskin di lingkungan Makodim 0705/ Magelang, Kamis (29/06).

    Penyerahan hewan qurban diserahkan langsung oleh Dandim 0705/ Magelang Letkol Inf Jarot Susanto di dampingi Pasiter Kodim Magelang Kapten Kav Sriyanto kepada Pasipers Kodim Magelang Kapten Caj Budi Krismanto selaku ketua panitia qurban.

    Hari Raya Idul Qurban merupakan hari besar umat Islam di seluruh dunia pada hari tersebut didalamnya terdapat makna keikhlasan dan kesabaran, ketaatan seorang hamba sebagaimana keteladanan nabi Ibrahim as saat mendapatkan perintah dari Allah SWT untuk menyembelih putra tercintanya nabi Isa as, yang kemudian menjadi awal suatu kegiatan qurban ( penyembelihan hewan ternak) dengan tujuan untuk mendapatkan ridho Allah SWT.

    Qurban dalam pengertian  sehari-hari sebenarnya diambil dari kata udhhiyah yakni bentuk jama' dari kata " dhahiyyah" yaitu sembelih pada waktu dhuha tangi 10 sampai 13 Dzulhijjah, dari sinilah muncul istilah " Idul Adha"

    Dengan demikian yang dimaksud dengan qurban atau udhhiyah merupakan penyembelihan hewan dengan tujuan beribadah kepada Allah pada hari raya Idul Adha dan tiga hari Tasyrik, yaitu tanggal 11, 12, 13 Dzulhijjah.

    Suharyati(36) salah satu penerima daging qurban warga kampung Nambangan Rt 04/20 Kelurahan Rejowinangun Utara, mengaku sangat bahagia dan senang dengan adanya pemberian daging qurban dari Kodim 0705/ Magelang.

    " Saya sangat bersyukur karena hari ini keluarga kami dapat menikmati daging qurban yang diselenggarakan oleh Kodim 0705/ Magelang dalam rangka Hari Raya Idul Adha Tahun 1444 H sangat membantu kehidupan keluarga di rumah, " ungkap ibu anak 3 tersebut.

    " Semoga dengan adanya penyaluran daging qurban dari Kodim Magelang dapat bermanfaat untuk kehidupan warga masyarakat Magelang, " ujarnya.

    Komandan Kodim Dandim 0705/ Magelang Letkol Inf Jarot Susanto menyampaikan sebagai umat muslim kita senantiasa berusaha mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan mengerjakan perintah - Nya salah satunya dengan penyembelihan hewan ternak qurban untuk dibagikan kepada fakir miskin" tutur Dandim Magelang.

    Dandim menambahkan, dengan berqurban selain belajar untuk ikhlas dan taat, secara tidak langsung kita juga membantu membahagiakan mereka para fakir miskin dengan daging qurban yang nanti dibagikan kepada 150 warga masyarakat di sekitar wilayah Kota dan Kabupaten Magelang.

    " Masih banyak kaum fakir miskin di sekitar kita yang mungkin bisa makan daging sebulan sekali atau bahkan lebih, dengan daging qurban yang kita berikan akan membantu mereka, namun yang terpenting adalah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita serta mengharap ridho Allah, "imbuhnya.

    " Jadikan Idul Adha Tahun 1444H/ 2023 M sebagai sarana peningkatan ketaqwaan dan kepedulian terhadap sesama umat, " pungkas Dandim.

    Pen: 0705/ Mgl.

    Rony

    Rony

    Artikel Sebelumnya

    Babinsa Koramil 20/ Salaman Hadiri Pelantikan...

    Artikel Berikutnya

    Wujud Kepedulian, Anggota Koramil 03/ Bandongan...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    TV Parlemen Live Streaming
    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    Mantan Kabareskrim Minta Publik Sabar dan Tak Berasumsi Terkait Kasus Vina
    Karya Bakti Kodim Magelang, Wujudkan Percepatan Pembangunan di Pedesaan
    WWF Aman dan Kondusif, Menteri PUPR Apresiasi Pengamanan TNI-Polri

    Ikuti Kami