Tanamkan Cinta Tanah Air, Babinsa Jadi Pembina Upacara di Sekolah

    Tanamkan Cinta Tanah Air, Babinsa Jadi Pembina Upacara di Sekolah
    Babinsa Koramil 05/ Secang Kodim Magelang Serka Agung Wibowo Saat Menjadi Inspektur Upacara Bendera di MI Ma'arif Arrosydin Desa Pucang Kecamatan Secang

    MAGELANG - Kegiatan Upacara Bendera yang di laksanakan satu minggu sekali di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ma'arif Arrosydin Pucang kali ini terasa istimewa. Hal ini dikarenakan hadirnya personel Koramil 05/ Secang Kodim 0705/ Serka Agung Wibowo yang menjadi Pembina Upacara pada Senin (27/08) kemarin.

    Dalam amanatnya Serka Agung Wibowo menyampaikan makna - makna yang terkandung dalam kegiatan Upacara bendera antara lain mendidik dan menumbuhkan kedisiplinan pada siswa melalui persiapan barisan. Mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam perjuangan melawan penjajah dan meraih kemerdekaan, makna ini diambil dari kegiatan mengheningkan cipta.

    Upacara bendera juga dapat menumbuhkan jiwa patriotisme dan cinta tanah air. Menanamkan karakter gotong royong, kerjasama dan kekompakan antar siswa. Selain itu juga untuk mengingat dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila serta mensyukuri terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), serta penguatan nilai-nilai dan pendidikan karakter bangsa pada diri siswa.

    Menurut Pasal 3 Permendiknas Nomor 22 tahun 2018 tentang Pedoman Upacara Bendera di Sekolah, setidaknya ada 6 tujuan upacara bendera di sekolah, di antaranya sebagai berikut, "Memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Membiasakan ketertiban secara tertib dan disiplin, Meningkatkan kemampuan memimpin, Membiasakan kekompakan dan kerjasama, Menumbuhkan rasa tanggung jawab, serta mempertebal semangat kebangsaan dan cinta tanah air." Ucap Serka Agung Wibowo

    Ditemui setelah pelaksanaan upacara Bakhrudin Rifai, S.Pd.i. selaku Kepala sekolah MI Maarif menuturkan bahwa kegiatan upacara bendera menjadi kegiatan rutin dihari Senin. Tapi dengan kehadiran seorang Tentara Nasional Indonesia (TNI) para siswa akan lebih senang dan semangat, sehingga harapannya siswa mendapatkan pelajaran baru dari TNI dan dapat meniru baik sikap dan kedisiplinan seorang TNI.

    "Kita berharap dengan upacara bendera yang dihadiri oleh TNI anak - anak akan mendapatkan wawasan tentang cinta Tanah Air dan mempunyai jiwa kepemimpinan yang baik", pungkasnya.

    Pen: 0705/ MGL.

    Rony

    Rony

    Artikel Sebelumnya

    Kunjungan Kerja Danrem 072/ Pamungkas di...

    Artikel Berikutnya

    Kodim 0705/ Magelang Juara Bulu Tangkis...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    TV Parlemen Live Streaming
    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    Bedah Buku As SDM Pol, Meritokrasi Jabatan Fungsional di Lingkungan Polri guna Mewujudkan SDM Unggul Mendapat Apresiasi Tinggi Para Pembicara 
    Polresta Magelang Ungkap Penganiayaan di Cawang Mertoyudan
    Babinsa Timika Gelar Karya Bakti Bersihkan Jalan

    Ikuti Kami