Dukung Ketahanan Pangan Nasional Kodim Magelang Tanam Jagung di Lahan Tidur

    Dukung Ketahanan Pangan Nasional Kodim Magelang Tanam Jagung di Lahan Tidur
    Dandim Magelang Letkol Inf Jarot Susanto,S.H.,M.Si Mendampingi Kasdam IV/ Diponegoro Saat Tanam Jagung Dalam Rangka Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Tahun 2023 di Wilayah Kodim 0705/ Magelang

    MAGELANG - Bertempat di Lokasi Ketahanan Pangan, Kompleks Rusunawa Kodim 0705/Magelang, Jl. Urip Sumoharjo, Kelurahan Wates, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang telah dilaksanakan kegiatan vicond bersama Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma'ruf Amin (Wakil Presiden RI) Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Tahun 2023 dengan tema "Ketahanan Pangan Untuk Indonesia Maju", Rabu (01/11).

    Kegiatan gerakan ketahanan pangan yang diselengarakan oleh Kodam IV/Dip bersama Kodim 0705/Magelang selaku penanggung jawab Letkol Inf Jarot Susanto, S.H., M.Si (Dandim 0705/Magelang) dalam rangka HUT Ke 78 TNI dengan tema "TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi Maju" tersebut dikemas dengan pemberian Sembako untuk masyarakat kurang mampu dan pemberian bibit jagung untuk para petani.

    Hadir dalam kegiatan tersebut Kasdam IV/Dip Brigjen TNI Ujang Darwis M.DA, Kapolda Jateng diwakili Dirkrimsus Polda Jateng Kombes Pol Dwi Subagyo S.I.K, Danrem 072/Pmk Brigjen TNI Joko Purnomo, Irdam IV/Dip Brigjen TNI Yudi Pranoto SH MM, Danrindam IV/Dip Kol Inf Ahmad Hadi Al Jufri, Kasrem 072/Pmk Kol Inf Hotlan Maratua Gurning S.I.P, Asops Kasdam IV/Dip Kol Inf I Ketut Mertha Gunarda, Aster Kasdam IV/Dip Kol Arm Tejo Widhuro.

    Juga turut hadir kepala RS Tk II dr Soedjono Magelang Kol Ckm dr Shohibul Hilmi S. POT, Pa LO TNI AL Kodam IV/Dip Kol Laut (P) Sapta Raharja, Dandim 0705/Magelang Letkol Inf Jarot Susanto SH, M.Si, Wakapolres Kota Magelang AKBP Roman Smaradhana Elhaj SH, S.I.K, MH, Wakapolres Magelang Kota Kompol Budiyuwono Fajar Wisnugroho, S.I.P., M.H, Walikota Magelang diwakili Staf Ahli Bidang Hukum Politik dan Pemerintahan Maryanto SH, MH, Bupati Kabupaten Magelang diwakili Sekda serta para pejabat Pemda dan 250 undangan.

    Beberapa poin penting Vidcon Wakil Presiden Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma'ruf Amin antara lain menyampaikan bahwa progam ketahanan pangan ini di laksanakan oleh TNI yang selama ini di laksanakan sesuai kebijakan seluruh kepala staf untuk menanami lahan lahan yang masih kosong dan tidak produktif menjadi lahan produktif yang mampu meningkatkan ketahanan pangan secara nasional.

    Kegiatan program ketahanan pangan di laksanakan secara serentak, selain penananman padi dan jagung di daerah pesisir juga digalakkan budidaya ikan dan udang sehingga dapat membantu mengatasi  kesulitan rakyat. TNI bersama POLRI dan kementrian pertanian diharapkan untuk selalu bersinergi melaksankan program ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

    Sementara sambutan Menteri Pertanian RI melalui Vidcon mengucapkan banyak terima kasih kepada panglima TNI dan jajaranya yang telah mendukung program ketahanan pangan nasional. Perubahan iklim yang ekstrem ahir-ahir ini sangat menyulitkan kita sehingga perlu langkah antisipasi dan tindakan nyata di seluruh Indonesia. Musim hujan sudah turun oleh karena itu kami mencoba satu minggu sudah bekerja siang malam dengan seluruh tim kita melakukan akselerasi 3 sampai 4 bulan ke depan karena umur padi hanya 3 sampai 4 bulan ini kita harus betul-betul turun ke lapangan.

    Saya mohon Panglima agar kesempatan ini bisa di sampai akan kepada level babinsa agar dapat mempertahankan ketahanan pangan dengan cara menanam lahan lahan yg masih bisa di tananami. Mimpi kita Indonesia menjadi lumbung pangan selama 5 tahun kedepan maka dari itu kita bikin pemetaan mulai 2024 mulai produksi kita agar pada tahun 2028 kita dapat menjadi lumbung pangan.

    Saat di wawancarai Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Ujang Darwis M.DA menyampaikan bahwa Kodam IV/Diponegoro akan terus berupaya mendukung program-program pemerintah termasuk program swasembada pangan nasional. Kodam IV/ Diponegoro ikut andil dalam mengakselerasi ketahanan pangan salah satunya dengan pemanfaatan lahan-lahan milik TNI yang kosong dijadikan lahan produktif.

    "Melalui seluruh jajaran, Kodam IV/Diponegoro terus mendukung ketahanan pangan dengan cara menanam komoditas pangan seperti jagung dan padi, kita perintahkan untuk menanam dan hasilnya bisa dinikmati masyarakat, " pungkasnya.

    Sementara Dandim 0705/Magelang Letkol Inf Jarot Susanto S.H., M.Si., dalam keterangannya mengatakan bahwa penanaman jagung di komplek Rusunawa Kodim sudah dilaksanakan beberapa kali dan hasilnya sangat bagus.

    "Kita juga berkoordinasi dengan pihak pemerintah untuk menanam di tempat-tempat lain seperti di Kecamatan Dukun, lahan bekas galian yang tandus kita olah menjadi lahan produktif dan hasilnya cukup lumayan, " pungkas Dandim.

    Pen: 0705/ Mgl.

    Rony

    Rony

    Artikel Sebelumnya

    Kodam IV/Diponegoro Dukung Gerakan Nasional...

    Artikel Berikutnya

    Jum'at Berkah, Danramil Pakis Bantu Warga...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    TV Parlemen Live Streaming
    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    Warga Desa Bandarsedayu Dukung Penuh Irjen Pol Ahmad Lutfi Jadi Gubernur Jateng
    Paguyuban Petani Sayur Ngablak Siap Dukung Irjen Ahmad Lutfi Maju Pilgub Jateng 2024
    Air Sebagai Sumber Kehidupan, Satgas TMMD ke-120 Kodim 0816/Sidoarjo Bor Sumur Untuk Pertanian di Desa Penambangan

    Ikuti Kami